Seputar Fiqih

Seputar Tasawuf

Seputar Islam

PERAWATAN SELAMA KEHAMILAN




Pemeriksaan pada usia kehamilan mencapai 6 dan 8 minggu sangat penting untuk memperkirakan umur kehamilan dan tanggal perkiraan persalinan. Pemeriksaan  fisik yang pertama kali dilakukan biasanya meliputi  berat  badan, tinggi badan dan tekanan darah. Kemudian dilakukan pemeriksaan leher, kelenjar  tiroid,  payudara,  perut,  lengan  dan tungkai.  

Dengan USG, kehamilan bisa diketahui mulai dari 4-5 minggu setelah ovulasi. USG juga digunakan untuk:  

 Mengikuti perkembangan kehamilan. 
 Menentukan tanggal perkiraan persalinan. 
 Menentukan laju pertumbuhan janin. 
 Merekam denyut jantung atau pernafasan janin. 
 Mengetahui kehamilan ganda. 
 Mengetahui sejumlah kelainan (misalnya plasenta previa). 
 Mengetahui kelainan posisi janin. 
 Memandu jarum pada pengambilan contoh cairan ketuban untuk keperluan pemeriksaan genetik atau kematangan paru-paru (amniosentesis). 

Pada  kehamilan  muda,  sebelum  menjalani  pemeriksaan  USG, sebaiknya ibu meminum banyak air karena kandung kemih yang penuh akan mendorong rahim keluar rongga panggul  sehingga  bisa  diperoleh gambaran janin yang lebih jelas.  

Pemeriksaan selanjutnya dilakukan setiap 4 minggu (1 kali/bulan) sampai usia kehamilan mencapai 32 minggu. Kemudian setiap 2 minggu sampai usia kehamilan mencapai 36 minggu dan sesudah 36 minggu, pemeriksaan dilakukan 1 kali/minggu.  

Pada setiap pemeriksaan, dilakukan pengukuran berat badan dan tekanan darah, serta ukuran dan bentuk rahim untuk mengetahui pertumbuhan dan perkembangan janin.

No comments

Post a Comment

Wajib Kunjung

Google+

Pengunjung

Twitter