Seputar Fiqih

Seputar Tasawuf

Seputar Islam

TAMU BULANAN SERING TERLAMBAT? ATASI DENGAN PENGOBATAN SIMPEL INI






Untuk alasan perjalanan atau ibadah, terkadang wanita ingin menunda kedatangan tamu bulanan. Akan tetapi, menjadi tidak menyenangkan jika tamu bulanan sering datang terlambat. Tidak sedikit lho, wanita yang mengalami kondisi itu tiap bulannya.

Keterlambatan atau ketidakteraturan menstruasi disebabkan karena ada hormon yang mengganggu siklus. Namun, ada juga penyebab lain seperti stres, ketidakseimbangan hormon, atau diet yang salah.

Terkadang gangguan kesehatan tertentu juga menyebabkan tamu bulanan datang terlambat. Jika sudah menikah, terlambat datang bulan bisa diakibatkan karena ada gangguan reproduksi. Atau, jika tamu bulanan tak kunjung datang selama berbulan-bulan, Anda mungkin sedang hamil.

Yang tidak menyenangkan dari haid yang terlambat adalah efeknya terhadap kesehatan. Efek itu misalnya munculnya jerawat, mual-mual, perut yang terasa berat, serta disentri. Jadi, jika tamu bulanan mulai sering terlambat datang, cobalah beberapa pengobatan rumahan agar waktu kedatangannya kembali normal.

Dilansir Boldsky dan ditulis pada Jumat (24/1/2014), inilah beberapa pengobatan rumahan yang bisa dilakukan ketika mengalami terlambat datang bulan.

1. Rebusan akar beringin

Kumpulkan akar pohon beringin, kemudian rebus akar-akaran itu dalam air. Gunakan rebusan itu sebagai ramuan untuk menormalkan kembali periode haid. Caranya dengan mencampurkan rebusan akar beringin ke dalam susu untuk diminum sebelum tidur. Mudah bukan?

2. Jus Pepaya

Minuman jenis ini merupakan pengobatan rumahan paling populer untuk menyembuhkan terlambat datang bulan. Minumlah segelas jus pepaya matang, pepaya yang telah direbus, atau pepaya yang masih muda, seminggu sebelum periode menstruasi yang seharusnya. Cara ini secara alami membantu mengatasi menstruasi yang tertunda.

3. Kimalaka

Kimalaka, yang memiliki nama ilmiah Phyllanthus emblica, juga dikenal sebagai kemlaka atau mlaka (Jawa), malaka, atau gooseberi India. Buah itu merupakan salah satu penyembuh terbaik untuk mengatasi terlambat datang bulan. Caranya ialah dengan meminum jus kimalaka ketika perut masih kosong setiap pagi. Satu jam berikutnya, jangan makan terlebih dahulu. Jika tidak ada jus kimalaka, campurkan bubuk kimalaka dengan madu untuk diminum setelah makan malam.

4. Labu pahit

Untuk mengatasi menstruasi yang kerap terlambat datang, Anda bisa menggunakan jus labu pahit, karela, atau yang dikenal dengan pare. Caranya ialah dengan meminum jus karela secara rutin setiap hari.

5. Jus lidah buaya

Untuk mempertahankan siklus menstruasi yang teratur, minumlah jus lidah buaya setiap hari. Selain bermanfaat untuk menormalkan siklus bulanan, lidah buaya juga sangat baik untuk kulit.

6. Anggur hitam

Meraup buah anggur hitam adalah salah satu pengobatan rumahan paling efektif untuk mengatasi haid yang tertunda. Mengonsumsi jus anggur secara teratur dapat menyempurnakan siklus menstruasi, serta melindungi tubuh dari infeksi bakteri.

7. Kekara

Kekara, yang memiliki nama Inggris horse gram dan nama latin Macrotyloma uniflorum, sering disebut sebagai kacang karas atau rarawea oleh orang Sunda. Kacang tersebut sangat populer dan banyak dikonsumsi di India selatan. Kekara merupakan kacang yang memproduksi panas dan bisa dimanfaatkan untuk membuat siklus bulanan wanita menjadi lebih teratur.

8. Biji Wijen

Biji wijen sering digunakan oleh generasi yang lebih tua untuk menyembuhkan terlambat datang bulan secara alami. Campurkan biji wijen dalam air, atau rendam biji wijen semalaman dalam air. Kemudian, minum air biji wijen itu di pagi hari ketika perut masih kosong.


No comments

Post a Comment

Wajib Kunjung

Google+

Pengunjung

Twitter