Seputar Fiqih

Seputar Tasawuf

Seputar Islam

BENARKAH TELUR MENTAH ATAU SETENGAH MATANG LEBIH BERKHASIAT?


Tidak sedikit orang yang sedemikian percaya bahwa mengkonsumsi telur mentah atau telur setengah matang bisa meningkatkan stamina mereka. Anggapan mereka, telur mentah lebih fresh sehingga amat baik untuk dikonsumsi.

Tentu saja anggapan ini hanya mitos. Pasalnya, telur mentah dan setengah matang merupakan telur yang belum siap dicerna tubuh karena dalam kondisi mentah atau setengah matang, ikatan proteinnya masih begitu kuat. Tubuh sulit memecahnya menjadi asam amino sehingga proses untuk mencernanya pun berlangsung amat lambat.

Makanya, telur mentah mampu membuat yang bersangkutan merasa kenyang lebih lama. Boleh jadi berawal dari sinilah muncul mitos bahwa mengkonsumsi telur membuat seseorang merasa lebih kuat beraktivitas, termasuk berolah raga.

Kebiasaan menambahkan madu ternyata memang membantu proses pencernaan. Madu mampu membantu telur agak bisa dicerna lebih baik oleh tubuh. Namun, kita tetap harus memperhatikan masalah keamanan pangan. Apalagi saat ini banyak penyakit timbul akibat bahan makanan yang tidak dimasak hingga matang, dari tifus sampai flu burung.


Ingat, bakteri yang mungkin ada dalam telur mentah bisa saja masuk ke dalam tubuh dan menyebabkan diri kita jatuh sakit. Terlebih jika daya tahan tubuh kita sedang buruk.

No comments

Post a Comment

Wajib Kunjung

Google+

Pengunjung

Twitter