Seputar Fiqih

Seputar Tasawuf

Seputar Islam

RESENSI BUKU: FIQIH KELUARGA (Merajut Keluarga Islami)



RESENSI BUKU
FIQIH KELUARGA: MERAJUT KELUARGA ISLAMI

Membentuk keluarga dalam Islam adalah suatu hal yang penting dan mendasar, jadi yang menjalaninya tidak hanya men-jalaninya, akan tetapi punya konsep yang transendental, kenapa dia harus membentuk keluarga? Dengan mamahami pembentukan keluarga dan tujuan pembentukan keluarga, secara subtansi, maka bisa meminimalisasi adanya broken home, yang akhir-akhir ini mengalami peningkatan.
Pembentukan keluarga ibaratnya membangun masa depan, menikah merupakan program jangka panjang, oleh karena itu kita tidak boleh gegabah dalam mengambil suatu keputusan semenjak pra nikah sampai pasca nikah. Jadi, harus ada plaining yang jelas, namun tidak baku. Adanya perubahan-perubahan dalam mencari solusi yang tepat, dan senantiasa mengalami perubahan, sesuai dengan bentuk permasalahan dan tingkat kesulitan permasalahan yang ada, akan mempengaruhi pola pikir orang-orang yang bernaung dalam rumah tersebut.
Untuk mencapai keluarga yang damai dan penuh cinta kasih, maka harus dirintis sejak sebelum pernikahan, yaitu bibit, bobot, bebet. Bibit mempertimbangkan dari beberapa aspek, yang antara calon suami dan isteri harus kafa’ah (seimbang). Sedangkan bobot adalah menyangkut kualitas calon, dan bebet menyangkut performance, dalam hal ini menyangkut pergaulan suami-isteri. Hal ini bisa dilihat dalam kehidupan sehari-hari melalui pola tingkah lakunya.
Rumah tangga yang diliputi dengan berbagai macam per-tengkaran dan percekcokan antara suami-isteri secara terus menerus sangat memungkinkan timbulnya perpecahan di antara anggota keluarga yang telah dibina dalam ikatan pernikahan yang baik. Apabila kondisi tersebut berlangsung lama dan dibiarkan tanpa upaya mengatasinya maka sangat susah untuk mewujudkan rumah tangga yang bahagia.
Untuk membentuk rumah tangga yang sakinah maka cinta dan kesetiaan suami-isteri harus dipelihara. Masih banyak rumah tangga yang dilanda konflik atau pertengkaran sehingga berimbas pada rusaknya tatanan keluarga mulai dari anak sampai lingkungan yang bersifat makro. Krisis dalam rumah tangga bukan hanya terjadi dikalangan orang biasa melainkan juga banyak terjadi pada lapisan atas tidak terkecuali kalangan publik figur atau selebritis.
Buku “Fiqih Keluarga” yang hadir ditangan pembaca ini akan memberikan gambaran mengenai bagaimana merajut keluarga bahagia yang bernuansa Islami. Didalamnya terdapat kiat-kiat untuk menciptakan keluarga yang sakinah, mawaddah wa rahmah sesuai dengan aturan agama Islam. Serta dijelaskan tentang kiat-kiat untuk menjaga kebahagiaan dalam berumah tangga. Semoga buku kecil ini bisa bermanfaat bagi pembaca, baik yang sudah menikah maupun yang belum menikah, sehingga bentuk keluarga bahagia yang didambakan dapat tercapai.

Judul Buku: FIQIH KELUARGA: Merajut Keluarga Islami.
Penulis: Amin Khakam el-Chudrie
Penertbit: Ar-Roudhoh Press.
Ketebalan Buku: ix + 153.
Kualitas Kertas: HVS 60 gr.
Harga: Rp. 35.000,-

No. HP: 0895338532269

No comments

Post a Comment

Wajib Kunjung

Google+

Pengunjung

Twitter