Seputar Fiqih

Seputar Tasawuf

Seputar Islam

RESENSI BUKU: FIQIH MU’AMALAH: JUAL-BELI DAN SEWA-MENYEWA

Agama Islam memberikan norma dan etika yang bersifat wajar dalam usaha mencari kekayaan guna memberi kesempatan pada perkembangan hidup manusia di bidang mu’amalah di kemudian hari. Islam juga memberikan tuntunan supaya pintu perkembangan itu jangan sampai menimbulkan kesempitan-kesempitan salah satu pihak dan kebebasan yang tidak semestinya kepada pihak lain. Dengan kata lain masalah mu’amalah ini diatur dengan sebaik-baiknya agar manusia dapat memenuhi kebutuhan-nya tanpa memberikan mudharat kepada orang lain.
Adapun yang termasuk dalam mu’amalah antara lain: tukar menukar, jual beli, pinjam meminjam, upah kerja, serikat dalam usaha dan lain-lain. Sebagaimana usaha untuk memenuhi kebutuhan hidup, sekaligus melakukan hubungan mu’amalah dengan sebaik-baiknya, salah satu alternatif yang diambil adalah jual-beli dan sewa-menyewa.
Tidak sedikit kaum muslimin yang mengabaikan dalam mempelajari mu’amalah, dan mereka melalaikan hal ini, sehingga tidak memperdulikan apakah memakan barang haram atau tidak, meskipun semakin hari usahanya kian meningkat dan keuntungannya bertambah banyak. Sikap semacam ini merupakan kekeliruan besar yang yang harus diupayakan pencegahannya, agar semua orang yang terjun ke dunia usaha dapat membedakan mana yang boleh dan baik dan menjauhkan diri dari segala syubhat dan haram.
Buku “FIQIH MU’AMALAH” ini akan khusus menjelaskan tentang jual-beli dan sewa-menyewa dalam tinjauan hukum Islam, empat mazhab, juga akan disertakan sekilas pandangan hukum positif Negara Indionesia, untuk lebih menambah wawasan bagi para pelaku mu’amalah.

Judul Buku: FIQIH MU’AMALAH: JUAL-BELI DAN SEWA-MENYEWA 
Penulis: Amin Khakam el-Chudrie
Penertbit: Ar-Roudhoh Press.
Ketebalan Buku: ix + 232.
Kualitas Kertas: HVS 60 gr.
Harga: Rp. 50.000,-
No. HP: 0895338532269



No comments

Post a Comment

Wajib Kunjung

Google+

Pengunjung

Twitter