Seputar Fiqih

Seputar Tasawuf

Seputar Islam

RESENSI BUKU: ILMU NAHWU


RESENSI BUKU:
ILMU NAHWU

Ilmu nahwu (sintakhsis) adalah disiplin ilmu yang membahas kedudukan suatu kalimat dalam bahasa arab, dengan mempelajari ilmu nahwu dapat memberikan solusi untuk mengatasi berbagai kesulitan yang ada dalam kitab, khusus kitab-kitab berbahasa arab, karena bahasa arab selain bahasa pergaulan adalah bahasa pemersatu umat Islam, bahasa al-Qur’an dan al-Hadits. Agama Islam diturunkan ditengah-tengah kultural arab maka bahasa arab sangat identik dengan komunitas, wilayah kultur arab itu sendiri. Bahasa yang digunakan al-Qur’an dan al-Hadits adalah bahasa arab Quraiys sesuai dengan kesepakatan dan perkembangan berbagai bahasa suku-suku yang mendiami jazirah arab.
Seiring dengan perkembangan dari mulai di turunkan agama Islam di tanah arab, di utusnya Nabi Muhammad sebagai pelopor pembaharu dalam berbagai sosial kebudayaan jahiliyah, terutama sekali konstruksi bahasa arab oleh para ulama setelah nabi wafat. Fenomena peristiwa yang berlaku saat itu adalah banyaknya pengikut Islam dari berbagai wilayah di luar arab, yang tentunya memiliki cara pandang dan teori membaca al-Qur’an. Dengan demikian, para ulama mulai menyususun konsep untuk pem-berlakuan tata bahasa (grammer) untuk menjaga kesalahan berbahasa baik, membaca al-Qur’an, hadits, maupun kitab-kitab ilmu arab lainnya.
Buku dengan judul “ILMU NAHWU” yang kecil ini akan memberikan penjelasan masalah-masalah yang akan dikaji dalam ilmu nahwu yang disusun secara sistematis dalam bahasa Indonesia yang mudah dipahami oleh para pembaca yang sedang menekuni ilmu agama, baik di Madrasah maupun Pondok Pesantren, sesuai dengan kondisi zaman yang serba instan seperti sekarang ini, artinya buku ini ibarat makanan siap saji.

Judul Buku: ILMU NAHWU.
Penulis: Amin Khakam el-Chudrie
Penertbit: Ar-Roudhoh Press.
Ketebalan Buku: xix + 390.
Kualitas Kertas: HVS 60 gr.
Harga: Rp. 60.000,-

No. HP: 0895338532269

No comments

Post a Comment

Wajib Kunjung

Google+

Pengunjung

Twitter