Seputar Fiqih

Seputar Tasawuf

Seputar Islam

KOPI: MANFAAT DAN BAHAYANYA

Kopi pertama kali ditemukan masyarakat muslim di Yaman pada abad ke-10 M. Kopi diracik sebagai minuman bernama al-qahwah. Minuman kopi mulai dikenal masyarakat Makkah dan Turki di akhir abad ke-15 M, sedangkan masyarakat Mesir baru bisa mencicipi kopi pada abad ke-16 m. Masyarakat Eropa baru mengenal kopi pada abad ke-17 M. Kopi masuk ke Eropa melalui Italia. Hubungan perdagangan antara Venesia dengan Afrika Utara khususnya Mesir menjadi pintu masuknya kopi ke Eropa.
Pada awalnya kopi hanya bisa dinikmati oleh kalangan berpunya di Eropa. Untuk pertama kalinya kedai kopi dibuka di Venesia pada 1645 M. Sejak itu kopi menjadi minuman yang selalu hadir setiap sarapan masyarakat Venesia. Kopi mulai menjamur di wilayah tersebut, tak heran jika berdiri 218 kedai kopi di Venesia.
Kedai kopi muncul di Inggris pada 1650 M. Menurut Darby, kopi diperkenalkan oleh orang Turki. Kopi dibawa ke Inggris oleh saudagar Turki yang bernama Pasqua Rosee. Dia pertama kali menjual kopi di Lombard-Street pada 1658 M, Rosee juga membuka kedai kopi bernama Sultaness Head di Cornhill. Pada tahun 1700 di London sudah berdiri 500 kedai kopi.
Pada tahun 1644, kopi mulai dikenal di Perancis dibawa orang Marsailles yang kembali dari Istambul Turki. Mereka juga mengajarkan teknik meracik dan peralatan untuk membuat minuman kopi. Pada 1671 M pertama kali kedai kopi dibuka di Marseilles. Setelah itu hadir di Italia, Inggris dan Perancis lalu  menyebar ke seluruh benua Eropa.[1]
Khasiat secangkir kopi yang anda konsumsi setiap pagi hari pastinya sudah bukan rahasia lagi. Karena anda sendiri sudah bisa merasakan manfaat minum kopi secara langsung dari sejak pertama menikmatinya. Kandungan kafein di dalamnya akan membuat otak tetap hidup dan terjaga untuk memproses perintah dari bagian tubuh lain.
Seperti halnya kegunaan meminum teh, manfaat biji kopi sudah banyak dibuktikan dengan penelitian oleh pakar kesehatan dari berbagai belahan dunia. Bahkan, minuman hitam ini merupakan satu-satunya minuman kesehatan yang mengandung kafein, asam hidroksisitrat, dan kromium. Kegunaan zat-zat tersebut adalah meningkatkan metabolisme tubuh sebesar 30%. Khasiat meminum kopi yang paling populer dan pasti anda tahu adalah menghilangkan rasa ngantuk.
Kopi terkadang menjadi teman di pagi hari maupun disaat berbincang-bincang. Cita rasanya yang unik membuat banyak kalangan masyarakat menjadikan kopi sebagai minuman favoritnya bahkan tak sedikit pula dari mereka yang kecanduan.
Kafein bekerja dalam tubuh dengan mengambil alih reseptor adenosin dalam sel syaraf yang akan memacu produksi hormon adrenalin. Di dalam kopi terkandung kafein, yang merupakan senyawa kimia alkaloid yang dikenal sebagai trimetilsantin dengan rumus molekul C8H10N4O2. Jumlah kandungan kafein dalam kopi adalah 1-1,5%, sedangkan pada teh 1-4,8%.
Dalam dunia kedokteran, kafein sering digunakan sebagai perangsang kerja jantung dan meningkatkan produksi urin. Dalam dosis yang rendah kafein dapat berfungsi sebagai bahan pembangkit stamina dan penghilang rasa sakit. Mekanisme kerja kafein dalam tubuh adalah menyaingi fungsi adenosin (salah satu senyawa yang dalam sel otak bisa membuat orang cepat tertidur).
Dimana kafein itu tidak memperlambat gerak sel-sel tubuh, melainkan kafein akan membalikkan semua kerja adenosin sehingga tubuh tidak lagi mengantuk, tetapi muncul perasaan segar, sedikit gembira, mata terbuka lebar, jantung berdetak lebih kencang, tekanan darah naik, otot-otot berkontraksi dan hati akan melepas gula ke aliran darah yang akan membentuk energi ekstra. Itulah sebabnya berbagai jenis minuman pembangkit stamina umumnya mengandung kafein sebagai bahan utamanya.
Selain manfaatnya untuk kesehatan ternyata kopi juga memiliki kerugian. Salah satunya adalah efek ketergantungan. Minum kopi ternyata dapat meningkatkan resiko terkena stroke. Sebuah penelitian yang dimuat dalam journal of neurology, neurosurgry and psychiatry tahun 2002 menyimpulkan bahwa minum lebih dari 5 gelas kopi perhari akan meningkatkan resiko terjadinya kerusakan pada dinding pembuluh darah. Kafein juga dapat menyebabkan insomnia, mudah gugup, sakit kepala, merasa tegang dan cepat marah.
Pada wanita hamil juga disarankan tidak mengkonsumsi kopi dan makanan yang mengandung kafein. Hal ini karena kafein dapat meningkatkan denyut jantung. Pada janin dapat menyerang plasenta dan masuk dalam sirkulasi darah janin. Dampak terburuknya, bisa menyebabkan keguguran. Tetapi pada definisi lain menyebutkan pula, bahwa kopi juga mempunyai manfaat bagi wanita sebagai berikut:
1.               Melawan depresi
Sebuah penelitian menumukan adanya hubungan antara depresi dengan minum kopi. Apalagi pada wanita yang sering kali mendapatkan depresi oleh beberapa kegiatan sehari-hari. Kandungan kopi dapat membantu meminimalisir depresi. Bagi yang mengkonsumsi kopi akan mengurangi 10 persen depresi dari pada mereka yang tidak mengkonsumsi sama sekali. Meskipun kandungan kafein terdapat pada soda, akan tetapi penelitian ini tidak menemukan hubungan antara minuman soda dengan penurunan depresi dikarenakan kandungan gula yang terlalu tinggi. Sehingga untuk anda yang ingin mendapatkan manfaat kopi sebaiknya kurangi kandungan gula yang berelebih.
2.              Menghindari stres dan putus asa
Pada sebuah penelitian, wanita yang mengkonsumsi maksimal 2 cangkir kopi sehari mengurangi risiko bunuh diri pada wanita. Aroma kopi diyakini mempunyai peranan dalam mengurangi stress karena memicu aktivitas gen untuk melindungi sel-sel saraf. Walaupun demikian, para peneliti mengingatkan bahwa mengkonsumsi lebih dari empat cangkir kopi setiap hari akan merugikan kesehatan anda.
3.              Menjaga kesehatan hati
Sejumlah penelitian telah menunjukkan bahwa kafein dapat membatu kesehatan hati. Konsumsi kopi secara teratur dapat mengurangi risiko seseorang dari primary sclerosing cholangitis (PSC), yaitu penyakit autoimun langka yang mengakibatkan gagal hati, sirosis hati, dan bahkan kanker.
4.             Dapat membantu menurunkan berat badan
Kandungan kafein yang dikonsumsi dengan tepat dapat membantu anda dalam menekan nafsu makan. Kehilangan cairan di dalam tubuh karena mengkonsumsi kafein akan mengakibatkan tubuh memproses panas dan energi, meskipun demikian cairan harus segera digantikan untuk memenuhi kebutuhan tubuh anda. Beberapa suplemen atau pengobatan yang menggunakan kandungan kafein dalam penurunan berat badan harus menggunakan resep dokter, sehingga tidak mengangu kesehatan organ tubuh yang lain.
5.              Dapat menurunkan resiko diabetes tipe II
Mengkonsumsi kopi dengan porsi yang sesuai setiap hari akan membantu anda dalam menurunkan 25 persen resiko terkena diabetes tipe II. Kandungan kromium dan magnesium dapat membantu menekan resiko diabetes tipe II. Meskipun demikian bagi anda yang mengkonsumsi kopi sebaiknya memperhatikan jumlah gula yang digunakan dalam kopi anda.
6.             Menurunkan resiko Alzheimer dan parkinson
Kopi dapat membantu anda dalam berkonsentrasi dan memperlambat timbulnya penyakit neurodegenerative. Beberapa studi telah menunjukkan bahwa wanita yang memiliki kebiasaan mengkonsumsi kopi memiliki risiko sampai 60 persen lebih rendah dari Alzheimer dan demensia.
7.              Kopi dapat menangkal kanker kulit
Kopi tidak saja membuat anda memiliki suasana hati yang baik akan tetapi dapat membantu melawan penyakit yang berbajaya seperti kanker. Resiko kanker kulit dapat diturunkan dengan mengkonsumsi kopi dengan porsi yang tepat. Wanita yang minum dua cangkir dalam sehari jauh lebih kecil kemungkinannya untuk mengembangkan kanker kulit dibandingkan mereka yang tidak minum kopi.[2]
 Segala sesuatu pasti ada manfaat dan bahayanya contohnya adalah meminum kopi, di balik manfaat yang bisa diambil dari mengkonsumsi minuman ini ada bahaya kopi yang dapat merusak tubuh apabila di konsumsi secara berlebihan. Mungkin sebagian hanya mengetahui beberapa manfaatnya saja tanpa memikirkan apa bahaya kopi tersebut apabila dikonsumsi secara berlebihan.
Bagi sebagian orang, minum kopi adalah hal yang tidak bisa dilewatkan setiap harinya, apalagi untuk perokok aktif minum kopi adalah sesuatu yang sangat identik sekali. Minuman ini sangat digemari oleh pria maupun wanita karena bisa jadi solusi apabila ngantuk di tempat kerja, minum kopi adalah cara yang paling di anggap ampuh untuk menghilangkan rasa ngantuk. Di balik manfaatnya tersebut ternyata ada  bahaya kopi  yang bisa menyerang apabila diminum berlebihan oleh karena itu selain mengetahui apa saja manfaatnya kita juga harus mengetahui bahaya kopi bagi kesehatan agar kita dapat mengontrol konsumsi kopi tersebut.
Dibawah ini adalah beberapa bahaya dari mengkonsumsi kopi secara berlebihan, diantaranya:
1.               Detak jantung tinggi. Kandungan kafein didalam kopi dapat menyebabkan meningkatnya denyut jantung. Maka dari itu bagi penderita penyakit serangan jantung sebaiknya menghindari konsumsi kopi secara berlebihan.
2.              Asam lambung. Mengkonsumsi kopi dapat meningkatkan kadar asam lambung yang nantinya akan mengakibatkan timbulnya penyakit maag.
3.              Melemahnya daya tahan tubuh. Kandungan kafein didalam tubuh mempunyai sifat menyerap vitamin, mineral, serta cairan didalam tubuh. Hal ini dapat mengakibatkan daya tahan tubuh menjadi melemah. Oleh sebab itu biasakan minum air putih setelah mengkonsumsi kopi.
4.             Kadar trigliserida tinggi. Kopi dapat mengakibatkan meningkatnya kadar trigliserda dan kolesterol dalam tubuh, hal ini mengakibatkan lemak dalam tubuh mengendap serta penyempitan pembuluh darah dimana dapat mengakibatkan serangan jantung dan stroke.
5.              Tidak baik untuk janin ibu hamil. Kafein dapat menyerang plasenta, sirkulasi darah, dan detak jantung pada janin kandungan. Hal ini bisa menyebabkan keguguran. Oleh sebab itu, pada wanita hamil dilarang untuk mengkonsumsi kopi.
6.             Insomnia, adalah penyakit susah tidur.
7.              Merusak gigi. Kopi dapat mengakibatkan kerusakan pada gigi, yaitu gigi berlubang dan menyebabkan gigi menjadi berwarna kuning, serta mengakibatkan timbulnya karang gigi.
8.             Gelisah. Terlalu sering mengkonsumsi kopi akan mengakibatkan kegelisahan, jantung berdebar-debar serta tangan menjadi gemetar, bahkan terjadi mual dan muntah-muntah.
9.              Hipertensi. Senyawa dalam kopi dapat menjadikan tekanan darah meningkat, hal ini dapat mengakibatkan penyakit hipertensi atau tekanan darah tinggi. Kopi adalah makanan yang menyebabkan darah tinggi cepat naik dan sangat mematikan bagi penderita hipertensi.
10.           Produksi urine meningkat. Kafein dapat menyebabkan aliran darah meningkat ke ginjal dan mengakibatkan peningkatan kadar urine. Sehingga tidak heran jika kita menjumpai seseorang yang lebih sering buang air kecil setelah mengkonsumsi kopi maupun teh.
11.            Kemandulan. Mengkonsumsi kopi secara berlebih atau mengkonsumsi alcohol dapat mempengaruhi kesuburan pada wanita. Dan hal ini dapat mengakibatkan kemandulan.
12.           Osteoporosis. Dapat mengakibatkan resiko tulang keropos (Osteoporosis) terutama bagi wanita yag menginjak usia monopuose.
13.            Resiko kanker kandung kemih dan ovarium. Menurut Physicians Commitee For Responsible Medicine dalam Healthy Eating for Life to Prevent and Treat Cancer mengungkapkan bahwa kopi dapat mempengaruhi DNA dan juga meningkatkan resiko terkena kanker kandung kemih dan ovarian.
14.           Merusak sel mulut. Berhati-hatilah bagi anda yang suka mengkonsumsi kopi terlalu panas, karena hal tersebut dapat mengakibatkan rusaknya sel-sel dalam mulut dan kerongkongan, sehingga berdampak timbulnya kanker pada bagian tersebut.
15.            Endometriosis. Hasil penelitian dari Harvard School of Public Health mengemukakan bahwa wanita yang mengkonsumsi kopi secara berlebihan dapat terjangkit sebuah kelainan yang menyerang sistem reproduksinya yang disebut endometriosis. Dimana si wanita akan mengalami sakit yang luar biasa saat dia menstruasi.
16.           Para pecandu kopi memiliki kadar homosistein yang tinggi. Homosistein sendiri adalah asam amino esensial yang diproduksi tubuh saat memproduksi protein. Jika kadar homositein anda tinggi, itu berarti kadar glutathione anda rendah. Dan kondisi tersebut bisa meningkatkan resiko kematian karena beragam penyakit. Seperti kanker dan jantung koroner. Ahli dari Physician Health Study mengemukakan bahwa kadar homosistein yang tinggi akan meningkatkan resiko serangan jantung hingga 3 sampai 4 kali lipat.
17.           Pembesaran pembuluh darah. Minum kopi juga berdampak pada pembesaran pembuluh darah atau lebih dikenal dengan vasolidasi.
18.           Kram otot. Minum kopi juga mengakibatkan ngilu dan juga kram pada otot-otot dikarenakan kandungan kafein di dalamnya yang bisa mengurangi kadar creatin serum pada tubuh.
19.           Perubahan hormone tidak stabil.
20.          Gangguan Mood. Seorang pecandu kopi juga akan lebih beresiko mengalami gangguan mood. Ia akan cepat marah atau naik pitam.
21.           Pusing/Vertigo. Terlalu banyak mengkonsumsi kafein juga menyebabkan sakit kepala /pusing.
22.          Susah BAB. Kopi juga dapat menyebabkan seseorang mengalami susah buang air besar.
23.           Glaucoma. Bisa menyebabkan exfoliation glaucoma atau gangguan pada mata. Jae Hee Kang, asisten profesor kedokteran di Channing Division of Network Medicine at Brigham and Women’s Hospital in Boston mengemukakan bahwa minum kopi tiga cangkir sehari dapat meningkatkan gangguan pada glaucoma, khususnya mereka yang berasal dari keluarga dengan riwayat gangguan glaucoma.
24.          Keseimbangan lemak menurun. Konsumsi kafein yang berlebihan dapat mengganggu keseimbangan lemak dalam tubuh kita.
25.           Tubuh berkeringat. Kafein juga dapat mengakibatkan tubuh cepat berkeringat dan perut terasa panas akibat keluarnya asam gastrat dari tubuh kita.
26.          Iritasi usus. Kafein bisa menyebabkan iritasi pada usus sehingga terjadi gangguan pencernaan jika dikonsumsi secara berlebihan
27.          Menyebabkan Dehidrasi / kekurangan cairan dalam tubuh. 28. Bisa melemahkan sel otak.
28.          Stress. Kopi dapat juga menjadi pemicu terjadinya stress karena kafein dapat kafein dapat menyebabkan lepasnya hormon kortisol, epinefrin, dan norepinefrin yang merupakan hormon stress.
29.          Mineral dalam kopi mempengaruhi penyerapan zat besi dalam tubuh. Serta mengurangi kemampuan ginjal untuk mempertahankan zat-zat dan mineral penting yang diperlukan tubuh. Hal ini akan mengakibatkan usus tidah bisa bekerja dengan teratur.
30.          Kematian mendadak. Mungkin anda pernah mendengar  orang meninggal dunia setelah minum kopi di pagi hari. Kopi membuat detak jantung menjadi cepat, bagi yang mengalami darah tinggi sangat tidak di sarankan.[3]




[1] Murtafiátun, Wow 200 Temuan Islam Terbesar Dan Terhebat Sepanjang Sejarah (Yogyakarta: Indoliterasi 2013), 133-134.
[2] http://bidanku.com/7-manfaat-minum-kopi-untuk-kesehatan-wanita
[3] http://halosehat.com/minuman/minuman-berbahaya/31-bahaya-kopi-bagi-kesehatan-sangat-mematikan

3 comments

  1. If coffee drink every day then it is a disease that comes slowly , do not drink coffee every day because it will make you addicted
    sanadomino

    ReplyDelete
  2. Your articles are very useful to us all and thank you for all the articles you share to all of them
    raja poker

    ReplyDelete
  3. Artikel yang bagus untuk jadi pelajaran...
    Banyak Bahaya kafein yang harus diperhatikan untuk kesehatan, kafein yang terkadung dalam kopi berarrti meningkatkan Bahaya minum kopi secara tidak langsung? bagaimana dengan orang yang merokok, tentu ini menjadi lebih berbahaya karena Bahaya merokok sangat banyak?

    ReplyDelete

Wajib Kunjung

Google+

Pengunjung

Twitter