Seputar Fiqih

Seputar Tasawuf

Seputar Islam

ATSAR HOAX YANG DISANDARKAN KEPADA IMAM AL-SYAFI'I





Telah banyak beredar diantara orang-orang, atsar yang disandarkan kepada Imam al-Syafi’i, baik di media sosial maupun di forum-forum kajian. Atsar tersebut isinya adalah sebagai berikut:


سئل اﻹمام الشافعي رحمه الله : كيف نرى الحق من بين كل هذه الفتن ؟ فقال :اتبع سهام العدو ترشدك إلى الحق !


Imam al-Syafi’i rahimahullah pernah ditanya, “Bagaimana kita mengetahui Pengikut Kebenaran di zaman yang penuh fitnah?” Lalu beliau (imam al-Syafi’i) menjawab, “Perhatikanlah panah-panah musuh (ditujukan kepada siapa), maka akan menunjukimu Siapa Pengikut Kebenaran.” 


Atsar tersebut adalah atsar bohong alias HOAX yang disandarkan kepada imam al-Syafi’i. Atsar tersebut tidak memiliki dasar pengambilan yang jelas. Atsar tersebut dibuat oleh orang-orang bodoh jaman ini yang tujuannya untuk membingungkan umat dan menggiring serta menarik simpati masyarakat untuk mendukung dan membela salah satu orang yang dianggapnya sebagai “Ulama” supaya dibela dan dibenarkan semua yang telah dilakukannya.


Dikarenakan atsar tersebut adalah HOAX maka tidak diperbolehkan bagi siapapun untuk menyebarkannya dengan masih menisbatkannya kepada imam al-Syafi’i.


No comments

Post a Comment

Wajib Kunjung

Google+

Pengunjung

Twitter