Seputar Fiqih

Seputar Tasawuf

Seputar Islam

MAFAHIM YAJIBU ‘AN TUSHAHHAH


Mafahim Yujibu an-Tusahhah (Konsep-konsep yang Perlu Diluruskan) adalah salah satu kitab karya Sayyid Muhammad bin Alwi al-Maliki, yang bersinar layaknya suatu kemilau mutiara. Inilah seorang ulama Sunni yang menantang rekan-rekan senegaranya, kaum Salafi-Wahhabi, dan membuktikan kesalahan doktrin-doktrin mereka dengan menggunakan sumber-sumber dalil mereka.
Karena keberanian intelektualnya inilah, Sayyid Muhammad dikucilkan dan dituduh sebagai “seorang yang sesat”. Beliau pun dicekal dari kedudukannya sebagai pengajar di Masjidil Haram, Makkah. Kitab-kitab karya beliau dilarang, bahkan kedudukan beliau sebagai professor di Umm ul-Qura pun dicabut. Beliau ditangkap dan passport-nya ditahan. Namun, dalam menghadapi semua hal tersebut, Sayyid Muhammad sama sekali tidak menunjukkan kepahitan dan keluh kesah. Beliau tak pernah menggunakan akal dan intelektualitasnya dalam amarah, melainkan menyalurkannya untuk memperkuat orang lain dengan ilmu (pengetahuan) dan tasawwuf.
Dari banyak hal yang diungkapkan dalam buku ini, salah satunya ialah larangan menjatuhkan vonis kufur (takfir) secara serampangan, yakni menjelaskan mengenai salahnya landasan dan ukuran yang digunakan sebagian orang untuk menetapkan kafir dan menyimpulkan sesat kepada saudaranya sesama Muslim. Seperti yang kita ketahui bahwa paham atau tradisi menganggap kafir dan menuduh sesat Muslim lain itu marak dihembuskan oleh kalangan kaum minoritas Wahabi (di masyarakat umum, biasanya mereka mengaku “Salafi”), dengan gigih mereka menebarkan api fitnah di antara barisan kaum Muslim mayoritas (Aswaja).
Masalah lainnya, mengenai Tasawuf yang juga termasuk yang menjadi sasaran tembak utama orang-orang yang “mengaku ulama” itu. Mereka menyebarkan fitnah dan tuduhan terhadap ilmu tasawuf dan para ahlinya yang tentu saja para ulama ahli tasawuf terbebas dari apa yang mereka tuduhkan itu. Padahal, para pembenci ulama shaleh itulah yang justru sedang berada dalam pemahaman yang keliru, banyak dari konsep-konsep mereka yang perlu diluruskan kepada pengertian yang benar, yakni paham-paham yang didasarkan pada pemahaman yang benar terhadap kitab Allah dan Sunnah Rasulullah Saw.
Berikut adalah link download kitab Mafahim Yujibu an-Tusahhah dalam versi pdf-nya:
Versi Bahasa Arab:  link 2

Versi Bahasa Indonesia:  link 2

No comments

Post a Comment

Wajib Kunjung

Google+

Pengunjung

Twitter