Seputar Fiqih

Seputar Tasawuf

Seputar Islam

TIDAK AKAN BISA ILMU DIDAPAT


Pada dasarnya, Allah telah memuliakan manusia dengan menjadikannya sebagai khalifah di atas bumi ini hanya karena satu sebab, yakni ilmu pengetahuan. Allah menganugerahi manusia nikmat pendengaran, penglihatan dan pikiran yang tidak diberikan kepada makhluk lain. Anugerah inilah yang menjadikan manusia memiliki potensi untuk meraih semua ilmu pengetahuan dan mengembangkannya dengan seijin Allah. Ketiga sarana yang telah dianugerahkan Allah Swt kepada manusia tidak hanya sekedar bisa melihat, mendengar dan berpikir. Namun, juga mempunyai kandungan makna yang sangat luas. Dengan penglihatan, manusia diharapkan mampu mengembangkan ilmu pengetahuan yang dikaitkan dengan hasil-hasil penelitian dan pembahasan. Pendengaran juga mengandung pemeliharaan pengetahuan yang telah diperoleh dari orang lain. Sedangkan dengan akal pikiran manusia diharapkan mampu membersihkan ilmu pengetahuan dari segala keraguan dan memurnikannya. Apabila tiga kekuatan ini saling menunjang, maka akan menghasilkan ilmu pengetahuan seperti yang dikehendaki oleh Allah kepada manusia.
Ilmu merupakan salah satu dari buah pemikiran manusia dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan. Ilmu merupakan salah satu dari pengetahuan manusia. Seperti kata peribahasa Perancis, “mengerti berarti memaafkan segalanya”, maka pengertian yang mendalam terhadap hakekat ilmu, bukan saja akan mengikatkan apresiasi kita terhadap ilmu namun juga membuka mata kita terhadap berbagai kekurangannya.

Penjelasan tersebut merupakan gambaran bahwa manusia termasuk orang yang lemah, karena akan selalu melakukan kesalahan baik yang disadarinya maupun tidak. Karena manusia adalah mahluk yang lemah maka sudah menjadi kewajiban baginya untuk selalu mencari ilmu guna melengkapi hidupnya untuk menjadi lebih baik.
Untuk mendownload ebook "Tidak Akan Bisa Ilmu Didapat" silahkan klik link berikut:

Download Link:

No comments

Post a Comment

Wajib Kunjung

Google+

Pengunjung

Twitter