Seputar Fiqih

Seputar Tasawuf

Seputar Islam

ILMU SHARAF

Posted on with




Judul Buku: ILMU SHARAF
Penertbit: Ar-Roudhoh Press.
Ketebalan Buku: xvii+ 191.
Kualitas Kertas: HVS 60 gr.
Harga: Rp. 50.000,-
No. HP: 0895338532269


Kalimah bahasa Arab memiliki dua keadaan, yaitu: keadaan ifrad (sendirian) dan keadaan tarkib (tersusun). Pembahasan tentang kalimah yang mufrad adalah supaya kalimah itu sesuai dengan wazan yang khusus dan keadaan tertentu, dan itu adalah sasaran atau objek pembahasan ilmu sharaf.

Pembahasan tentang kalimah yang murakab adalah supaya akhir dari kalimah itu sesuai dengan perubahan yang telah ditentukan oleh metodenya orang Arab dalam kalam mereka, yaitu dari rafa’, nashab, jer dan jazem, atau tetap pada satu keadaan, dan itu adalah objek kajian ilmu i’rab.

Jadi, ilmu sharaf adalah ilmu yang membahas tentang kaidah-kaidah yang digunakan untuk mengetahui sighat-sighatnya kalimah bahasa Arab dan keadaan-keadaannya yang bukan i’rab dan mabni. Sehingga sharaf adalah ilmu yang membahas tentang kalimah dari segi apa yang terjadi kepadanya, yaitu dari segi tashrif, i’lal, idgham dan ibdal, dan dengannya kita bisa mengetahui bangunannya kalimah sebelum tersusun dalam jumlah.

Sasaran dari ilmu sharaf adalah isim al-mutamakkin (: isim mu’rab) dan kalimah fi’il yang mutasharrif. Sehingga ilmu sharaf tidak membahas tentang isim mabni, fi’il jamid dan kalimah huruf.

Ilmu sharaf adalah juz atau bagian terdahulu dari ilmu nahwu, dan ilmu nahwu didefinisikan dengan ilmu yang digunakan untuk mengetahui keadaannya kalimah bahasa Arab, baik mufrad maupun murakkab.

Sharaf adalah paling pentingnya ilmu bahasa arab, karena ada padanyalah pembuatan sighat suatu kalimah, mengetahui tasghiran, penisbatan, mengetahui menjama’kan baik secara qiyasi, sama’i maupun yang syadz, mengetahui apa yang terjadi pada kalimah, yaitu dari i’lal, idgham atau ibdal, dan lainnya, yaitu dari kaidah-kaidah yang wajib bagi guru maupun orang alim untuk mengetahuinya, supaya nantinya para murid tidak terjatuh dalam kesalahan, yaitu mereka yang tidak mempunyai bagian yang mulia dari ilmu ini.

*Keterangan lebih lanjut, silahkan cek https://www.facebook.com/khakam/media_set?set=a.781221848633476.1073741827.100002370053407&type=3

No comments

Post a Comment

Wajib Kunjung

Google+

Pengunjung

Twitter