Isim Isyarah adalah isim yang
menunjukkan pada sesuatu yang tertentu dengan menggunakan perantara isyarah
yang bersifat indrawi dengan tangan dan semisalnya, jika sesuatu yang diisyarahi
itu hadir, atau dengan isyarah maknawi, jika sesuatu yang diisyarahi itu berupa
makna atau dzat yang tidak hadir.[1]
Macam
isim isyarah adalah (ذَا) untuk mufrad
mudzakar, (ذَانِ) dan (ذَيْنِ) yang
digunakan untuk tatsniyyah mudzakar, (ذِهْ) dan (تِهْ) untuk
mufradah mu’annatsah, (تَانِ) dan (تَيْنِ) untuk
tatsniyyah mu’annats, (اُولاَءِ) dan (اُولَى) untuk jama’
mudzakar dan mu’annats, baik jama’ itu untuk sesuatu yang berakal, seperti (اُولَئِكَ
عَلَى هُدىً مِنْ رَبِّهِمْ وَ اُولَئِكَ هُمُ الْمُفْلِحُوْنَ), atau untuk
yang lainnya, seperti (اِنَّ السَّمْعَ
وَ الْبَصَرَ وَ الْفُؤَادَ كُلّ ذَلِكَ كَانَ عَنْهُ مَسْؤُولاً), tetapi
kebanyakan digunakan untuk jama’nya sesuatu yang berakal, dan untuk selain yang
berakal digunakan (تِلْكَ), seperti (وَ
تِلْكَ الْأَيَّامُ نُدَاوِلُهاَ بَيْنَ النَّاسِ).
Dibolehkan
untuk mentasydid nun dalam tatsniyyahnya (ذَا) dan (تاَ), baik
tatsniyyahnya dengan alif atau ya’,[2]
sehingga kita ucapkan (ذَانِّ وَ
ذَيَنِّ وَ تَيَنِّ). Dan telah diucapkan (فَذَانِّكَ
بُرْهاَناَنِ).
Diantara
isim isyarah ada yang terkhusus untuk tempat, sehingga dia digunakan untuk
mengisyarahi tempat yang dekat dengan (هُناَ), tempat yang
sedang dengan (هُناَكَ) dan yang jauh
dengan (هُناَلِكَ) dan (ثَمَّ).[3]
Diantara
isim isyarah banyak yang diberi (هَا) huruf tanbih,
sehingga diucapkan (هَذَا), (هَذِهِ), (هَاتَانِ) dan (هَؤَلاَءِ).[4]
Terkadang
(ذَا) dan (تِي) diberi kaf
huruf khithab, sehingga diucapkan (ذَاكَ) dan (تِيْكَ), dan
terkadang diberi kaf khitab beserta lam, sehingga diucapkan (ذَلِكَ) dan (تِلْكَ).[5]
Terkadang
(ذَانِ), (ذَيْنِ), (تَانِ), (نَيْنِ) dan (اُولاَءِ) diberi kaf
khithab saja, sehingga diucapkan (ذَانِكَ), (تَانِكَ) dan (اُولَئِكَ).[6]
Diperbolehkan
untuk memisah diantara (هاَ) huruf tanbih
dan isim isyarah dengan dlamirnya musyar ilaih (sesuatu yang diisyarahi),
seperti (هاَ اَناَ ذَا), (هاَ
اَنْتُماَ ذَانِ) dan (هَا
نَحْنُ اُولاَءِ), dan itu adalah yang paling fasih
dalam bahasa arab, seperti dalam firman Allah ta’ala, (هاَ
اَنْتُمْ اُولاَءِ تُحِبُّوْنَهُمْ وَ لاَ يُحِبُّونَكُمْ). Adapun
memisahnya dengan selain dlamirnya musyar ilaih adalah qalil, seperti (هاَ
اِنَّ الْوَقْتَ قَدْ حَانَ). Dan memisah dengan kaf tasybih
pada semisal (هَكَذَا) adalah banyak
terjadinya dan sudah masyhur.[7]
Martabat Musyar Ilaih
Musyar
ilaih atau sesuatu yang diisyarahi mempunyai tiga martabat, yaitu dekat, sedang
dan jauh.[8]
Sesuatu yang dekat diisyarahi dengan isim isyarah yang tidak ada kaf dan lam,
seperti (اَكْرِمْ هَذَا الرَّجُلَ هَو هَذِهِ
الْمَرْأَةَ ).
Sesuatu
yang sedang diisyarahi dengan isim isyarah yang ada kafnya saja, seperti (اِرْكَبْ
ذَاكَ الْحِصَانَ اَو تِيْكَ النَّاقَةَ).
Dan
sesuatu yang jauh diisyarahi dengan isim isyarah yang ada kaf danlam secara
bersamaan, seperti (خُذْ ذَلِكَ
الْقَلَمَ اَو تِلْكَ الدَّواةَ).
Faidah :[9]
Ø (ذَانِ) dan (تاَنِ) digunakan
pada saat rafa’, seperti (جَاءَ هَذَانِ
الرَّجُلاَنِ وَ هاَتاَنِ الْمَرْأَتاَنِ). (ذَيْنِ) dan (تَيْنِ) digunakan
pada saat nashab dan jer, seperti (اَكْرِمْ
هَذَيْنِ الرَّجُلَيْنِ وَ هاَتَيْنِ الْمَرْأَتَيْنِ).
Keduanya
pada saat rafa’ dimabnikan alif dan pada saat nashab dan jer dimabnikan ya’.
Keduanya bukanlah isim mu’rab dengan alif ketika rafa’ dan dengan ya’ ketika
nashab dan jer, seperti isim tatsniyyah, karena semua isim isyarah adalah mabni
bukan mu’rab. Namun, sebagian ulama’ ada yang mengi’rabinya dengan i’rabnya
isim tatsniyyah.
Ø (ذَهْ) dan (تِهْ), keduanya
dengan disukunnya ha’ atau dikasrah.
Ø Kaf khithab adalah huruf yang
seperti kaf dlamir dalam harakatnya dan alamat yang ada padanya, sehingga kita
ucapkan (ذَاكَ كِتاَبُكَ ياَ تِلْمِيْذُ), (ذَاكَ
كِتاَبُكَ ياَ تِلْمِيْذَةُ), (ذَلِكُماَ
كِتاَبُكُماَ ياَ تِلْمِيْذَانِ وَ ياَ تِلْمِيْذَتاَنِ), (ذَلِكُمْ
كِتاَبُكُمْ ياَ تَلاَمِيْذُ), dan (ذَلِكُنَّ
كِتاَبُكُنَّ ياَ تِلْمِيْذَاتُ).
[1] Jami’ al-Durus
al-‘Arabiyyah, juz 1 hlm. 127
[2] Jami’ al-Durus
al-‘Arabiyyah, juz 1 hlm. 127
[3] Jami’ al-Durus
al-‘Arabiyyah, juz 1 hlm. 127
[4] Jami’ al-Durus
al-‘Arabiyyah, juz 1 hlm. 128
[5] Jami’ al-Durus
al-‘Arabiyyah, juz 1 hlm. 128
[6] Jami’ al-Durus
al-‘Arabiyyah, juz 1 hlm. 128
[7] Jami’ al-Durus
al-‘Arabiyyah, juz 1 hlm. 128
[8] Tasywiq al-Khillan,
hlm. 172
[9] Jami’ al-Durus
al-‘Arabiyyah, juz 1 hlm. 128-129
No comments:
Post a Comment