Al-Qur’an
adalah sumber agama Islam. Kitab suci itu, menempati posisi sentral, bukan saja
dalam perkembangan dan pengembangan ilmu-ilmu ke-Islahm, tetapi juga merupakan
inspirator, pemandu dan pemandu gerakan-gerakan umat Islam sepanjang 14 abad
sejarah pergerakan umat ini.[1]
Dan
pemahaman terhadap ayat al-Qur’an melalui penafsiran, mempunyai peranan yang
sangat besar bagi maju mundurnya umat. sekaligus, penafsiran-penafsiran itu
dapat mencerminkan perkembangan serta corak pemikiran mereka. Dan dalam Ulumul
Qur’an, tafsir yang bernuansa sufistik sering dikategorikan sebagai tafsir
esoterik.
Dalam
kitab Tâj Al-Muslimîn dan al-Iklîl corak sufistik itu banyak terlihat
misalnya dalam ayat,
إِيَّاكَ
نَعْبُدُ وَ إِيَّاكَ نَسْتَعِيْنُ
Ayat
ini ditafsirkan sebagai berikut:
“Suwijine
peryataan sangkeng wongkang moco dewekne bakal urip nganggu garis ibadah marang
Allah lan ora biso ibadah yen ora ono pitulung sangkeng Allah. Dadi yen wus
rampung ibadah, ojo ngaku-ngaku biso nglakoni ibadah utowo mbanggak-mbanggaake
ibadah.”[2]
Lakoni
sholat iku aweh tarbiyah, tegese dudukan yen wong Islam iku biso urib nganggu
moto luru yaiku moto syari’at lan moto hakikot. Ono ing Al-qur’an kadawuhake “Sopo-sopo
wongkang ono ing sakjeroni urip ing dunyo iku wuto moto atini, wong iku besok
desok ono ing akhirati temtu luweh sasar dalane. Yen wong ora seneng urib
nganggu mripat siji, semunu ugo yen mlaku nganggu agomo Islam ora bagus umpomo
nganggu syari’at tanpo hakikot utowo gandulan hakikot tanpo syari’at.
Untuk
melihat lebih detail tentang penafsiran K.H Misbah Mustofa atas surat
al-Fatihah, berikut penjelasan beliau dalam Tâj Al- Muslimîn:
بِسْمِ
اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيْمِ
1)
Pada ayat ini dibahas persoalan fiqh tentang kedudukan basmalah -dalam
shalat yang diyakini madzhab-madzhab fiqh. Madzhab Syafi’i berpendapat bahwa
basmalah bagian dari ayat al-Fatihâh sedangkan madzhab Imam Auza’i, Malik dan
Hanafi berpendapat tidak merupakan bagian dari ayat. Berikut ini tafsir beliau
dalam Tâj Al- Muslimîn:
Ucapan
basmalah miturut madzhab imam syafi’i iku siji ayat setengah sangking ayat
fatihah. Dadi sopo wonge shalat kanthi moco fatihah ora nggago basmalah ora sah
sholate....[3]
الْحَمْدُ
للهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ
2.
(Alhamdulillah) diartikan "Tidak ada yang berhak dipuji selain
Allah". Karena ditinjau dari ilmu Nahwu (tata bahasa Arab), susunan
mubtada' dan khabar yang ada pada kata (الحمد لله) memiliki qashr. Dengan demikian, lafazh "Alhamdulillaahi'
semakna dengan (لا يكون الحمد إلا لله) (Laa yakuunul hamdu illa Lillah, tiada yang berhak memiliki
pujian kecuali Allah). "Lam" yang ada pada lafazh Lillaahi bermakna istihqaq
(memiliki). Berikut ini tafsir beliau dalam Tâj Al-Muslimîn:
Ora
ono kang anduweni hak dipuji kejaba Allah. Kerono umpamane Ali dipuji kerono
ilmune utowo bagus akhlake, iku kang paring ilmu lan bagus akhlak ora ono
kejobo Allah....[4]
الرَّحْمنِ
الرَّحِيْمِ
3)
Dua kata dalam ayat ini memiliki arti yang berbeda, berkaitan dengan rahmat
Allah, lafad ar-rohman memiliki makna lebih umum, yaitu rahmat Allah
bagi semua makhlukNya di dunia, sedangkan ar-rahim memiliki makna lebih khusus, yaitu rahmat Allah kepada
kaum muslim saja. Berikut ini tafsir
beliau dalam Tâj Al- Muslimîn:
Rahmat
ammah (umum) iki kang dadi artine arrahman, rahmat khosoh (khusus) iki kang
dadi artine arrahim...[5]
مَالِكِ
يَومِ الدِّيْنِ
4)
Lafad “Mâlik” artinya pangeran kang ngeratoni ono ing dino kiamat atau Raja
yang menguasai di akhirat. Ayat ini menunjukkan kebesaran dan kekuasaan Allah
atas semua makhluk di akhirat kelak. Berikut ini tafsir beliau dalam Tâj Al-Muslimîn:
Iki
dawuh ngandung arti supoyo kito anduweni roso wedi lan ngagungake marang Allah.
Kerono ing dino akhir ora ono makhluk kang biso guneman tanpa ijin sangking
Allah.[6]
إِيَّاكَ
نَعْبُدُ وَ إِيَّاكَ نَسْتَعِيْنُ
5)
Kata "Na’budu" berarti kami menyembah atau kami beribadah. Yang dimaksud
dengan "ibadah" ialah melaksanakan segala perintah agama Islam
disertai dengan perasaan ta'zhim (pengagungan) kepada Allah.
Berikut
ini tafsir beliau dalam Tâj Al- Muslimîn:
Dawuh
ayat iki suwijine pernyataan sangking wong kang moco yen dewekne bakal urip
ngganggo garis ibadah marang Allah lan ora biso ibadah yen ora ono pitulung
sangking Allah. Dadi yen wis rampung ibadah ojo ngaku-ngaku biso nglakoni
ibadah utowo ambangga’ ake olehe nglakoni ibadah....[7]
Selanjutnya
beliau menukil pernyataan Syaikh Abul Hasan Asy-Syadzili menuturkan, bahwa
lafazh (Iyyâka na’budu) merupakan isyarat atas pelaksanaan syari'at.
Sedangkan lafazh (Wa Iyyâka nasta'iin) merupakan isyarat atas
pelaksanaan hakikat.
Setelah
penjelasan tersebut, beliau membagi ibadah menjadi 3 (tiga) tingkatan:[8]
a. Ibadah tingkat rendah : Yaitu
beribadah kepada Allah dengan maksud agar memperoleh pahala dari-Nya, agar
terhindar dari siksa-Nya. Dikatakan rendah tingkatannya, karena yang terkesan dari
ibadah macam ini, pada hakikatnya "menyembah pahala" itu sendiri,
bukan "menyembah Allah". Dalam hal ini, Allah sepertinya dijadikan
sebagai sarana atau perantara untuk menghasilkan sesuatu yang menjadi maksud
tujuan orang yang beribadah.
b. Ibadah tingkat menengah : Yaitu
beribadah dengan maksud agar bisa menjadi orang yang mulia dan terhormat, atau
agar dekat dengan Allah.
c. Ibadah tingkat tinggi: Yaitu
beribadah kepada Allah karena dilandasi oleh kesadaran terhadap Kemahaagungan, Kemahatinggian
dan Kemahabesaran Allah. Betapa Allah sebagai Tuhan yang Maha Besar rahmat dan
kekuasaanNya.
Sudah
semestinya selaku seorang hamba bersimpuh kepada-Nya dan
mengagung-agungkan-Nya.
الْمُسْتَقِيْم
الصِّرَاطَ اهْدِناَ
6)
Lafazh (Ihdi artinya tunjukkan) diambil dari kata: (Hidayah:
petunjuk). Sedang kata hidayah itu sendiri terkadang memiliki konotasi
"anugerah petunjuk". atau berkonotasi "anugerah berupa merasa
enteng dan mudah dalam menjalankan ibadah". Di dalam ayat di atas, kedua
pengertian hidayah tersebut kita mohonkan kepada Allah.
Berikut
ini tafsir beliau dalam Tâj Al-Muslimîn:
Dawuh
iki wewaruh sangking Allah taala supoyo kito kabeh nyuwun diduduhake lan
digampangake ngelakoni petunjuk-petunjuk al-Qur’an. Nanging kito kudu ngerti
yen kito nyuwun opo-opo marang Allah iku kudu mapaake awake lahir lan batin ono
ing papan panggonan wong kang patut diparingi opo kang dadi panyuwun.
صِرَاطَ
الَّذِيْنَ أَنْعَمْتَ عَلَيْهِم غَيْرِ الْمَغْضُوبِ عَلَيْهِمْ وَ لاَ
الضَّالِّيْنَ
7) Dalam Tâj Al-Muslimîn disebutkan
bahwa para ulama berpendapat lafazh (الذين أنعمت عليهم) adalah surat an-Nisa’ ayat 69 yang artinya,
Dan
barangsiapa yang mentaati Allah dan Rasul-Nva, mereka itu akan bersama-sama
dengan orang-orang yang dianugerahi nikmat oleh Allah, yaitu: nabi-nabi, para
shiddiqiin, orang-orang yang mati syahid dan orang-orang saleh. Dan mereka
itulah teman yang sebaik-baiknya." (QS. An-Nisa'
[4]: 69)
Berikut
ini redaksi kata dalam tafsir Tâj Al-Muslimîn:
Ringkese
kito umat Islam diperintahake nyuwun marang Allah taala nuduhake lan
anggampangake ngelakoni coro urip kayo coro uripe wong-wong soleh, poro nabi
lan syuhada lan wong kang temenan olehe iman tegese iman kang dibukti’ke ono
ing ucapan lan penggawean...[9]
Selanjutnya
lafad (غير المغضوب عليهم) ditafsiri,
Wong
kang dibenduni yaoiku wong-wong Yahudi utowo wong kang kelakuane koyo wong
Yahudi tegese ngerti yen siji laku iku bener nanging ora gelem nerimo kerana
gumede utowo hasad (drengki). Kang dikarepake wong kang sasar yoiku wong-wong
nasrani utowo wong kang salah namune nanging dibenerake ora gelem nerimo…[10]
Untuk
melihat lebih detail tentang penafsiran K.H Misbah Mustofa atas surat
Al-Fâtihah, berikut penjelasan beliau dalam tafsir al-Iklîl:
بِسْمِ
اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيْمِ
1.
Hampir sama dengan tafsir Tâj Al-Muslimîn, tafsir ayat ini lebih mengarah
pada persolan fiqh. Berikut ini redaksi kalimat dalam tafsir Al-Iklîl:
Lafad
basmalah iki yen miturut madzhab Imam Syafi’i yaiku madzhab wong Islam
Indonesia kalebu ayat-ayat fatihah. Sawongko iku umpomo ono wong sholat tanpo
moco basmalah ora sah sholate.....[11]
الْحَمْدُ
للهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ
2.
Ayat ini ditafsiri lebih luas, yaitu dengan membagi pujian menjadi empat yaitu puji
makhluk terhadap makhluk, puji makhluk terhadap Allah, puji Allah terhadap
makhluk dan puji Allah terhadap dzat-Nya sendiri. Berikut ini redaksi kalimat
dalam tafsir Al-Iklîl :
Puji
iku ono papat weno yaiku:[12]
a. Puji makhluk marang makhluk.
b. Puji kawulo marang Allah.
c. Pengalem Allah marang mahluk.
d. Puji Allah marang dzate dhewe.
Selanjutnya
beliau menulis: lafadz rabbul alamin yang memiliki arti bahwa Allah
memiliki kuasa, berikut ini susunan redaksi dalam tafsir al-Iklîl:
Nuli
wedi banget marang Allah karono dzat kang kuasa iku temtu biso gawe wong sugih
dadi fakir, wong iman biso diwalik dadi kafir...[13]
الرَّحْمنِ
الرَّحِيْمِ
3.
Ayat ini oleh Misbah dianggap sebagai perangsang bagi manusia untuk meraih
rahmat dan berbakti kepada-Nya, berikut ini susunan redaksi dalam tafsir al-Iklîl,
Iki
perlu supoyo kawulo iku anggrengseng marang rahmate Allah, nuli biso gumranggah
marang ngabekti Allah taala.[14]
مَالِكِ
يَومِ الدِّيْنِ
4. Ayat ini adalah penjelas atas ayat
selanjutnya, bahwa kekuasaan Allah ada di akhirat, bukan di dunia. Berikut ini
susunan redaksi dalam tafsir al-Iklîl:
Mulane
ditermtuake ono ing yaumiddin (dino kiamat), karono ono ing dunyo akeh kang
podo ngrebut kedudukane Allah dadi pengeran kabeh makhluk kayo rojo Fir’aun,
rojo Namrud, lan liya-liyane.[15]
إِيَّاكَ
نَعْبُدُ وَ إِيَّاكَ نَسْتَعِيْنُ
5.
Sebagaimana dalam Tâj Al-Muslimîn, ayat ini juga menafsirkan tentang
Ibadah, yang dibagi dalam tiga kategori, yaitu tingkatan rendah, tengah-tengah
dan tinggi.[16]
الْمُسْتَقِيْم
الصِّرَاطَ اهْدِناَ
6.
Hidayah bisa diartikan dengan nerang-nerangaken atau penerang. Terkadang
hidayah juga diartikan sebagai kemudahan dalam menjalankan ibadah dan ketaatan
kepada Allah. Dan hidayah dalam arti kedua ini hanya dimiliki oleh Allah. Dan
dalam Al-Iklîl, hidayah yang dimaksud ayat ini adalah kedua arti
tersebut. Berikut ini susunan redaksi dalam tafsir al-Iklîl:
Hidayah
kang ono ing ayat iku dikarepake netepi loro-lorone arti, dadi nyuwun tuduhake
endi-endi laku kang bener lan nyuwun diparingi biso ngelakoni.[17]
صِرَاطَ
الَّذِيْنَ أَنْعَمْتَ عَلَيْهِم غَيْرِ الْمَغْضُوبِ عَلَيْهِمْ وَ لاَ
الضَّالِّيْنَ
7. Tafsir ayat ini hampir sama dengan Tâj
Al-Muslimîn bahwa yang dimaksud orang-orang yang diberi nikmat adalah
sebagaimana surat an-Nisa’ ayat 69. Sedangkan orang dilaknat Allah adalah
Yahudi, dan orang yang tersesat adalah Nasrani.[18]
[1] M.Quraish Shihab, Membumikan
Al-Qur’am, Mizan, Bandung, 2000, hlm. 84
[2] Yang dimaksud adalah ketika
orang menjalankan suatu ibadah tanpa dilandasi dengan khusuk, ibadah orang
tersebut belum bisa dinamakan ibadah karena belum mendapatkan pertolongan dari
Allah. Disini beliau membagi tiga tingkatan tentang ibadah Pertama. tingkatan rendah yaitu Ibadah kepada
Allah hanya untuk mendapatkan pahala dari Allah, atau jangan sampai diberi
siksa dari Allah, sebab sejatinya yang disembah itu adalah pahala bukanlah
Allah SWT dan Allah dijadikan perantara untuk menghasilkan apa yang makhluk kehendaki. Kedua, tingkatan tengah adalah sebab ada
tujuan untuk menjadi orang yang mulia atau ingin menjadi orang yang dekat sama
Allah. Ketiga. tingkatan luhur adalah
ibadah kepada Allah, sebab Allah adalah Tuhan yang paling besar dengan
rahmatnya, kekuasaannya, sudah semestinya orang ini takzim dan mengagungkan
Allah. (Lihat K.H. Misbah Mushtofa dalam Tafsir
Al-Iklil, Majelis Ma’lif wa
Khotot, Bangilan, tt, juz I, hlm 25).
[3] Misbah Mustofa, Taj
Al-Muslimin, Majelis Ma’lif wa Khotot, Bangilan, tt, juz I, hlm. 20
[4] Ibid., hlm. 21
[5] Ibid., hlm. 22
[6] Ibid., hlm. 23
[7] Ibid., hlm. 27
[8] Misbah Misthofa, op. cit., hlm.
24
[9] Ibid., hlm. 28
[10] Ibid., hlm. 29
[11] Misbab Musthofa, Al-Iklîl,
Majelis Ma’lif wa Khotot, Bangilan, tt, juz I, hlm 3
[12] Ibid
[13] Ibid., hlm 4
[14] Ibid
[15] Ibid.
[16] Ibid., hlm. 5-6
[17] Ibid., hlm. 7
[18] Ibid., hlm. 8-9
No comments:
Post a Comment