Seputar Fiqih

Seputar Tasawuf

Seputar Islam

INTERNET SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN


Pemanfatan internet sebagai media pembelajaran merupakan salah satu terobosan bagi dunia pendidikan didalam mengatasi permasalahan-permasalahan yang sedang dihadapi sekarang ini. Eraglobalisasi menurut kesiapan sumber daya manusianya untuk dapat berkompetensi dan bekerja dengan bantuan teknologi informasi. Internet sebagai sumber informasi yang sangat luas dengan didukung adanya lebih dari 30.000 konferensi elektronik online menjadi alternatife menarik untuk penyiapan SDM yang dibutuhkan.

Menurut Purbo menyebutkan ada lima aplikasi standart internet, yaitu: e-mail, mailing list, news group, FTP, dan WWW. Pada WWW terdapat database yang sifatnya terdistribusi, sehingga pengguna (user) dapat memanfaatkanya untuk mengakses data base tersebut dengan menggunakan fasilitas web. Pemanfaatan www ini pebelajar dapat memperoleh informasi yang ada diseluruh dunia dengan hanya mengklik mouse, untuk mendownload data yang diinginkan.

Menurut Ellsworth menyarankan untuk keberhasilan penggunaan computer sebagai media dalam mengajar atau belajar dengan internet, ada empat level aplikasi pada pengembangannya. Level yang satu memerlukan penguasaan level sebelumnya, keempat level tersebut adalah, (1). Bagaimana kami bekerja dengan ini yaitu tentang tugas belajar yang harus diselesaikan dan pertanyaan yang harus dijawab, (2). Mempelajari teknologinya yaitu bagaimana mengakses dan memproses informasi, (3). Penguasaan alat, maksudnya alat mencari informasi seperti www, ghoper, dll. (4). Mengaplikasikan apa yang telah dipelajari untuk pemecahan masalah.

Menurut Purbo menyatakan di Canada telah dikembangkan beberapa perangkat yang dibutuhkan untuk distance learning, diantaranya adalah; (1). Teknologi internet yang digunakan sebagai tulang pungungu telekomunikasi, (2). Netscape dengan jasa applets yang digunakan sebagai aplikasi utama dalam proses belajar jarak jauh, (3). Aplikasi multimedia yang dapat memberikan kemudahan penggunaan dalam berinteraksi, (4). Penerapan teknologi web yang mendasarkan dari pada bahas HTML (Hypertext Markup Language) dan SGML (Standart Generalized Markup Languange), (5). Telecollaboration yang dilakukan untuk proses aplikasi chat dan video conference maupun tele-white board. Agar dapat berkomunikasi melalui internet computer mengikuti serangkaian aturan yang telah disepakati yang disebut protocol. 

Menurut Seels & Richey menyebutkan teknologi berdasarkan computer pada umumnya memiliki karakteristik, yaitu (1). Dapat digunakan secara random, (2). Dapat digunakan sesuai dengan kemauan pebel;ajar dalam cara yang telah direncanakan oleh perancang, (3). Konsep-konsep pada umumnya disajikan dalam gaya abstrak dengan kata-kata, symbol dan grafik, (4). Prinsip-prinsip ilmu pengetahuan kognitif diterapkan selama pembangembangannya, (5). Belajar dapat berpusat pada siswa dan menghendaki kegiatan pembelajaran secara interaktif.


No comments

Post a Comment

Wajib Kunjung

Google+

Pengunjung

Twitter