Seputar Fiqih

Seputar Tasawuf

Seputar Islam

KENAPA ALLAH MENCIPTAKAN LAUT?

Pada dasarnya Allah menciptakan segala sesuatu tidak ada yang sia-sia. Lautan diciptakan lebih luas oleh Allah memiliki tujuan dan tujuan tersebut telah diinformasikan dalam al-Qur’an. Salah satunya ada di dalam surat al-Nahl ayat 14, Allah Swt berfirman:
وَ هُوَ الَّذِي سَخَّرَ الْبَحْرَ لِتَأْكُلُوا مِنْهُ لَحْماً طَرِياًّ وَ تَسْتَخْرِجُواْ مِنْهُ حِلْيَةً تَلْبَسُونَهاَ وَ تَرَى الْفُلْكَ مُوَاخِرَ فِيْهِ وَ لِتَبْتَغُوا مِنْ فَضْلِهِ وَ لَعَلَّكُمْ تَشْكُرُونَ
Dan Dialah, Allah yang menundukkan lautan (untukmu), agar kamu dapat memakan daripadanya daging yang segar (ikan), dan kamu mengeluarkan dari lautan itu perhiasan yang kamu pakai; dan kamu melihat bahtera berlayar padanya, dan supaya kamu mencari (keuntungan) dari karunia-Nya, dan supaya kamu bersyukur.
  Ayat tersebut menginformasikan bahwa makanan di dalam laut melimpah ruah. Manusia juga bisa menghasilkan perhiasan dan kemudian berniaga dari hasil-hasil lautnya. Semua hal itu diciptakan oleh Allah agar manusia selalu bersyukur kepada-Nya.
Peneletian sains menyebutkan bahwa penyumbang oksigen terbesar di bumi adalah ganggang  laut  yang  hidup di  lautan sejak  kurang  lebih 3.8  miliar tahun lalu. Kehadirannya selama beberapa ratus juta tahun di dalam lautan menyebabkan oksigen hadir melimpah di bumi. Ganggang laut atau yang lebih umum dikenal dengan rumput laut merupakan jenis tumbuhan yang paling sering ditemukan di laut. Selain menghasilkan oksigen, ganggang juga bisa dimanfaatkan sebagai bahan makanan karena di dalamnya kaya akan vitamin dan mineral serta berkadar lemak rendah.
Seandainya daratan diciptakan lebih luas daripada daratan, maka atmosfer bumi akan didominasi oleh karbondioksida, sehingga akan menghambat hadirnya kehidupan di planet bumi. Semuanya diciptakan oleh Allah agar manusia tidak bersusah payah mendapatkan makanan yang melimpah, perhiasan dan oksigen sebagai unsur terpenting pendukung kehidupan.
Selain itu, masih banyak lagi kekayaan laut yang dapat diambil oleh manusia yaitu sebagai sumber bahan tambang, mineral, logam, minyak dan gas serta sebagai sumber pembangkit listrik.


No comments

Post a Comment

Wajib Kunjung

Google+

Pengunjung

Twitter