Kalimah isim adakalanya berupa Isim
Mudzakar dan Isim Mu’annats.
Isim Mudzakar adalah kalimah isim yang sah jika diisyarahi dengan
perkataan kita, (هَذَا), seperti (رَجُلٌ), (حِصَانٌ), (قَمَرٌ) dan (كِتاَبٌ).
Isim Mudzakar terbagi menjadi dua,
yaitu isim mudzakar hakiki, yaitu isim yang menunjukkan pada
lelaki, baik dari kelompok manusia atau hewan, seperti (رَجُلٌ), (صَبِيٌّ), (اَسَدٌ) dan (جَمَلٌ). Dan isim mudzakar majazi, yaitu isim yang
diberlakukan seperti lelaki, baik dari kelompok manusia atau hewan, dan
sebenarnya isim itu tidak termasuk didalamnya, seperti (بَدْرٌ), (لَيْلٌ) dan (بَابٌ).
Isim Mu’annats adalah kalimah isim yang sah jika diisyarahi dengan
perkataan kita (هَذِهِ), seperti (اِمْرَأَةٌ), (ناَقَةٌ), (شَمْسٌ) dan (دَارٌ).
Isim Mu’annats ada empat macam,
yaitu lafdzi, ma’nawi, hakiki dan majazi.
Isim Mu’annats lafdzi adalah kalimah isim yang bertemu dengan alamat ta’nits,
baik isim itu menunjukkan pada wanita, seperti (فَاطِمَةُ) dan (خَدِيْجَةُ), atau pada lelaki, seperti (طَلْحَةُ), (حَمْزَةُ), (زَكَرِيَاءُ) dan (بُهْمَةُ).
Isim Mu’annats Hakiki adalah kalimah isim yang menunjuk-kan pada makna
perempuan, baik dari kelompok manusia atau hewan, seperti (اِمْرَأَةٌ), (غُلاَمَةٌ), (ناَقَةٌ) dan (أَتاَنٌ).
Isim Mu’annats Majazi adalah kalimah isim yang diberlaku-kan seperti
perempuan, baik dari manusia atau hewan, namun sebenarnya isim itu tidak
termasuk didalamnya, seperti (شَمْسٌ), (دَارٌ), (عَيْنٌ) dan (رِجْلٌ).
Diantara kalimah isim ada yang
dimu’annatskan dan dimudzakarkan, seperti (دَلْوٌ), (سِكِّيْنٌ), (سَبِيْلٌ), (طَرِيْقٌ), (سُوقٌ), (لِسَانٌ), (ذِرَاعٌ), (سِلاَحٌ), (صَاعٌ), (عُنُقٌ), (خَمْرٌ) dan lainnya.
Dan ada yang untuk mudzakar dan
mu’annats, dan pada isim itu terdapat alamat ta’nits, seperti (سِلْحَةٌ), (حَيَّةٌ), (شَاةٌ) dan (رِبْعَةٌ).
Alamat Ta’nits
Isim Ta’nits mempunyai tiga alamat, yaitu
ta’ marbuthah, alif ta’nits maqshurah dan alif mamdudah, seperti (فَاطِمَةُ), (سَلْمَى) dan (حَسْناَءُ).
Ta’ marbuthah masuk dalam sifat yang
berguna sebagai pembeda antara sifat mudzakar dan sifat mu’annats, seperti (بَائِعٌ), dan (بَائِعَةٌ), (عاَلِمٌ) dan (عَالِمَةٌ), (مَحْمُودٌ) dan (مَحْمُودَةٌ). Bertemunya ta’ marbuthah pada selain sifat adalah sama’i,
seperti (تَمْرَةٌ), (غُلاَمَةٌ) dan (حِمَارَةٌ).
Sifat-sifat yang terkhusus pada
perempuan tidak boleh diberi ta’ marbuthah kecuali secara sama’i, Sehingga
tidak boleh diucapkan, (حَائِضَةٌ), (طاَلِقَةٌ), (ثَيِّبَةٌ), (مُطْفِلَةٌ) dan (مُتْئِمَةٌ). Akan tetapi diucapkan, (حَائِضٌ), (طَالِقٌ), (ثَيِّبٌ), (مُطْفِلٌ) dan (مُتْئِمٌ). Dan telah didengar (مُرْضِعَةٌ) seperti dalam
firman Allah ta’ala (يَوْمَ
تَذْهَلُ
كُلُّ مُرْضِعَةٍ عَماَّ أَرْضَعَتْ).
Asal dalam bertemunya ta’ marbuthah
pada isim adalah untuk membedakan antara isim mu’annts dan isim mudzakar. Dan
kebanyakan itu terjadi dalam sifat, seperti (كَرِيْمٌ) dan (كَرِيْمَةٌ), (فَاضِلٌ) dan (فَاضِلَةٌ). Dan itu terjadi pada isim adalah qalil,
seperti (إِمْرُؤٌ) dan (إِمْرَأَةٌ), (إِنْسَانٌ) dan (إِنْسَانَةٌ), (غُلاَمٌ) dan (غُلاَمَةٌ), (فَتَى) dan (فَتاَةٌ), (رَجُلٌ) dan (رَجُلَةٌ).
Banyak juga terjadi penambahan ta’
marbuthah untuk membedakan persatuaan dari jenis dalam makhluk, seperti (ثَمَرٌ) dan (ثَمرَةٌ), (تَمْرٌ) dan (تَمْرَةٌ), (نَخْلٌ) dan (نَخْلَةٌ), (شَجَرٌ) dan (شَجَرَةٌ). Dan qalil hukumnya ketika dalam perkara-perkara hasil ciptaan
manusia, seperti (جِرٌّ) dan (جِرَّةٌ), (لَبِنٌ) dan (لَبِنَةٌ), (سَفِيْنٌ) dan (سَفِيْنَةٌ).
Terkadang ta’ marbuthah didatangkan
untuk mubalaghah atau untuk menambahkan makna, seperti (عَلاَّمَةٌ), (فَهَّامَةٌ) dan (رِحَّالَةٌ).
Dan terkadang ta’ marbuthah itu
dijadikan sebagai pengganti dari ya’ wazan (مَفَاعِيْلُ), seperti (جَحَاجِحَةُ), dan kebanyakan itu terjadi dalam lafal yang mu’arrab
(diadopsi ke dalam bahasa arab), seperti (زَناَدِقَةٌ), atau sebagai
ganti dari ya’ nasab, seperti (دَمَاشِقَةٌ), (مَشَارِقَةٌ) dan (مَغَارِبَةٌ), atau sebagai pengganti dari fa’
kalimah yang dibuang, seperti (عِدَةٌ),[1]
atau dari ‘ain kalimah yang dibuang, seperti (إِقَامَةٌ),[2]
atau dari lam kalimahnya yang dibuang, seperti (لُغَةٌ).[3]
Lafal Yang Mudzakar Dan Mu’annatsnya Sama
Sifat yang mengikuti wazan (مِفْعَلٌ), seperti (مِغْشَمٌ) dan (مِقْوَلٌ), atau (مِفْعاَلٌ), seperti (مِعْطاَرٌ) dan (مِقْوَالٌ), atau (مِفْعِيْلٌ), seperti (مِعْطِيْرٌ) dan (مِكْسِيْرٌ), atau (فَعُولٌ) bermakna (فَاعِلٌ), seperti (صَبُوْرٌ) dan (غَيُوْرٌ), atau (فَعِيْلٌ) bermakna (مَفْعُولٌ), seperti (قَتِيْلٌ) dan (جَرِيْحٌ), (فِعْلٌ) bermakna (مَفْعُولٌ), seperti (ذِبْحٌ) dan (طِحْنٌ), atau (فَعَلٌ) bermakna (مَفْعُولٌ), seperti (جَزَرٌ) dan (سَلَبٌ), atau masdar yang diinginkan dengannya adalah sifat, seperti (عَدْلٌ) dan (حَقٌّ), maka antara mudzakar dan
mu’annatsnya adalah sama, sehingga kesemuanya tidak boleh diberi ta’ ta’nits.
Jadi, tidak boleh jika diucapkan (رَجُلٌ مِغْشَمٌ
وَ مِقْوَالٌ وَ مِسْكِيْرٌ
وَ غَيُورٌ وَ قَتِيْلٌ
وَ عَدْلٌ), (جَمَلٌ
ذِبْحٌ
وَ جَزَرٌ), (اِمْرَأَةٌ مِقْوَالٌ
وَ مِعْطَارٌ وَ مِعْطِيْرٌ
وَ جَرِيْحٌ وَ عَدْلٌ) dan (ناَقَةٌ ذِبْحٌ وَ جَزَرٌ).
Dari wazan-wazan tersebut yang
bertemu dengan ta’ ta’nits, seperti (عَدُوَّةٌ), (مِيْقَانَةٌ), (مِسْكِيْنَةٌ) dan (مِعْطَارَةٌ), adalah syadz.
Jika (فَعُولٌ) bermakna (مَفْعُولٌ), maka boleh jika dimasuki ta’, seperti (أَكُوْلَةٌ) dengan makna (مَأْكُولَةٌ), (رَكُوْبَةٌ) dengan makna (مَرْكُوبَةٌ), dan (حَلُوبَةٌ) dengan makna (مَحْلُوبَةٌ). Dan juga diucapkan (أَكُوْلٌ), (رَكُوبٌ) dan (حَلُوبٌ).
Dan jika (فَعِيْلٌ) bermakna (فَاعِلٌ), maka dia bisa dimasuki ta’
ta’nits, seperti (كَرِيْمَةٌ), (ظَرِيْفَةٌ) dan (رَحِيْمَةٌ). Dan terkadang dikosong-kan dari
ta’, seperti (إِنَّ رَحْمَةَ
اللهِ
قَرِيْبٌ مِنَ الْمُحْسِنِيْنَ).
Jika (فَعِيْلٌ) bermakna (مَفْعُولٌ), maka jika yang diinginkan
dengannya adalah makna sifat dan maushufnya diketahui, maka kebanyakan dan
biasanya tidak dimasuki ta’ ta’nits, seperti (إِمْرَأَةٌ جَرِيْحٌ). Namun terkadang ta’ ta’nits masuk kepadanya, dan itu adalah
qalil, seperti (خَصْلَةٌ حَمِيْدَةٌ) dan (فِعْلَةٌ ذَمِيْمَةٌ).
Dan jika diberlakukan seperti isim tidak sifat, maka ta’ bisa masuk kepadanya, seperti (ذَبِيْحَةٌ), (أَكِيْلَةٌ) dan (نَطِيْحَةٌ). Begitu juga ketika maushufnya tidak diketahui, apkah dia mudzakar atau mu’annats? seperti (رَأَيْتُ جَرِيْحَةً). Adapun ketika sudah maklum maushufnya, maka tidak boleh diberi ta’, seperti (رَأَيْتُ امْرَأَةً جَرِيْحاً) atau (رَأَيْتُ جَرِيْحاً مُلْقَاةً فِي الطَّرِيْقِ), dan (كُونِي صَبُوْراً عَلَى الْمَصَائِبِ حَمُولاً لِلنَّوَائِبِ).
No comments:
Post a Comment