Isim
tafdlil mempunyai empat keadaan, yaitu dikosongkan dari (ال) dan idlafah, dibarengkan dengan (ال), diidlafahkan kepada isim ma’rifat dan diidlafahkan kepada
isim nakirah.
a. Isim Tafdlil Dikosongkan Dari (ال) Dan Idlafah
Ketika
isim tafdlil dikosongkan dari (ال) dan idlafah, maka dia harus dimufradkan dan dimudzakarkan
disemua keadaannya, dan harus bersamaan dengan (مِنْ) huruf jer yang mengejerkan
mufaddlal ‘alaih, seperti (خَالِدٌ أَفْضَلُ
مِنْ
سَعِيْدٍ), (فَاطِمَةُ
أَفْضَلُ مِنْ سُعَادَ), (هَذَانِ أَفْضَلُ
مِنْ
هَذَا), (هَاتاَنِ
أَنْفَعُ مِنْ هاَتَيْنِ), (المُجَاهِدُونَ أَفْضَلُ
مِنَ
الْقَاعِدِيْنَ) dan (المُتَلِّمَاتُ أَفْضَلُ مِنَ الْجَاهِلاَتِ).
Terkadang
(مِنْ) dikira-kirakan, seperti (وَ
الآخِرَةُ خَيْرٌ وَ أَبْقَى) yang artinya (خَيْرٌ مِنَ الْحَيَاةِ
الدُّنْيَا وَ أَبْقَى
مِنْهاَ). Dan penetapan (مِنْ) dan membuangnya telah terkumpul
dalam firman-Nya, (أَناَ أَكْثَرُ
مِنْكَ مَالاً وَ أَعَزُّ نَفَراً) yang artinya
(أَعَزُّ مِنْكَ).
(مِنْ) dan lafal yang dia jerkan beserta isim tafdlil adalah
menempati tempatnya mudlaf ilaih dari mudlaf, sehingga tidak diperbolehkan
mendahulukan keduanya atas isim tafdlil, seperti halnya tidak diperbolehkan
mendahulukan mudlaf ilaih atas mudlaf, sehingga tidak boleh diucapkan (مِنْ بَكْرٍ خاَلِدٌ اَفْضَلُ) dan (خَالِدٌ مِنْ بَكْرٍ أَفْضَلُ), kecuali jika yang dijerkan (مِنْ) adalah isim istifham atau berupa
isim yang diidlafahkan kepada isim istifham, maka diwajibkan untuk mendahulukan
(مِنْ) dan isim yang dijerkannya, karena
isim istifham haknya adalah menjadi permulaan kalam, seperti (مِمَّنْ أَنْتَ خَيْرٌ؟), (مِنْ أَيِّهِمْ أَنْتَ أَوْلَى بِهَذَا؟) dan (مِنْ فَرَسِ مَنْ فَرَسُكَ أَسْبَقُ؟). Dan telah
datang pendahuluan pada selain istifham secara syadz, seperti perkataan syair,
إِذَا سَايَرَتْ أَسْمَاءُ يَوْماً ظَعِيْنَةٌ * فَأَسْمَاءُ مِنْ تِلْكَ الظَّعِيْنَةِ أَمْلَحُ
Yang asalnya adalah (فَأَسْماَءُ أَمْلَحُ مِنْ تِلْكَ الظَّعِيْنَةِ).
b. Isim Tafdlil Dibarengi (ال)
Ketika
isim tafdlil bebarengan dengan (ال), maka dilarang jika isim itu bertemu dengan (مِنْ) dan wajib sesuai atau mencocoki
dengan lafal sebelumnya dalam hal mufrad, tatsniyyah, jama’, mudzakar dan
mu’annats. Sehingga kita ucapkan (هُوَ الأَفْضَلُ), (هِيَ الفُضْلَى), (هُمَا الأَفْضَلاَنِ), (الفَاطِمَتاَنِ
هُماَ
الفُضْلَيَانِ), (هُمُ الأَفْضَلُوْنَ) dan (هُنَّ
الفُضْلَيَاتُ). Dan telah syadz menyambungnya
dengan (مِنْ) dalam syair,
وَ لَسْتَ بِالأَكْثِرِ مِنْهُمْ حَصًى * وَ إِنَّماَ العِــزَّةُ لِلْكَاثِــرِ
c. Isim Tafdlil Diidlafahkan Kepada Isim Ma’rifat
Ketika
isim tafdlil diidlafahkan kepada isim nakirah, maka diwajibkan untuk
memufradkannya dan memudzakarkannya serta dilarang menyambungnya dengan (مِنْ), sehingga kita ucapkan (خَالِدٌ أَفْضَلُ قَائِدٍ), (فَاطِمَةُ أَفْضَلُ
امْرَأَةٍ), (هَذَانِ
أَفْضَلُ رَجُلَيْنِ), (هَاتَانِ أَفْضَلُ امْرَأَتَيْنِ), (المُجَاهِدُونَ أَفْضَلُ
رِجَالٍ) dan (المُتَعَلِّمَاتُ أَفْضَلُ نِسَاءٍ).
d.
Isim Tafdlil Diidlafahkan Kepada Isim Nakirah
Ketika
isim tafdlil diidlafahkan kepada isim ma’rifat, maka dilarang menyambungnya
dengan (مِنْ), dan
diperbolehkan pada isim tafdlil itu dua wajah, yaitu memufradkan dan
memudzakarkannya seperti ketika isim
tafdlil diidlafahkan kepada isim nakirah, atau isim tafdlil mencocoki lafal
sebelumnya dalam hal kemufradan, tatsniyyah, jama’, mudzakar dan mu’annats
seperti ketika bebarengan dengan (ال).
Kedua
penggunaan itu telah datang dalam al Qur’an. Diantara penggunaan yang tidak
sesuai atau tidak mencocoki lafal sebelumnya adalah firman-Nya, (وَ لتَجِدَنَّهُمْ أَحْرَصَ النَّاسِ عَلَى حَيَاةٍ) dan tidak
diucapkan (أَحْرَصِي
النَّاسِ). Dan diantara penggunaan yang mencocoki adalah firman-Nya, (وَ
كَذَلِكَ جَعَلْناَ فِي كُلِّ
قَرْيَةٍ أَكَابِرَ مُجْرِمِيْهاَ). Kedua penggunaan itu telah berkumpul dalam hadits, (أَلاَ
أُخْبِرُكُمْ بِأَحَبِّكُمْ إِلَيَّ
وَ
أَقْرَبِكُمْ مِنِّي مَجَالِسَ
يَومَ
الْقِيَامَةِ أَحَاسِنُكُمْ أَخْلاَقًا
المُوَطِّؤُونَ أَكْناَفاً الَّذِيْنَ
يَأْلِفُونَ وَ يُؤْلَفُوْنَ).
Kita ucapkan (عَلِيٌّ أَفْضَلُ الْقَومِ), (هَذَانِ أَفْضَلُ
الْقَومِ وَ أَفْضَلاَ
الْقَومِ), (هَؤُلاَءِ
أَفْضَلُ الْقَومِ وَ أَفْضَلُوا الْقَومِ), (فَاطِمَةُ أَفْضَلُ النِّسَاءِ
وَ
فُضْلَى النِّسَاءِ), (هَاتاَنِ أَفْضَلُ النِّسَاءِ
وَ
فُضْلَيَا النِّسَاءِ) dan (هُنَّ
أَفْضَلُ النِّسَاءِ وَ فُضْلَيَاتِ النِّسَاءِ).
(مِنْ) dikira-kirakan pada contoh-contoh
di atas, dan maknanya (هَذَانِ أَفْضَلُ
مِنْ
جَمِيْعِ الْقَومِ), (هَذِهِ أَفْضَلُ مِنْ كُلِّ
النِّسَاءِ) dan seterusnya.
No comments:
Post a Comment