KEADAAN ISIM TAFDLIL


Isim tafdlil mempunyai empat keadaan, yaitu dikosongkan dari (ال) dan idlafah, dibarengkan dengan (ال), diidlafahkan kepada isim ma’rifat dan diidlafahkan kepada isim nakirah.

a.  Isim Tafdlil Dikosongkan Dari (ال) Dan Idlafah

Ketika isim tafdlil dikosongkan dari (ال) dan idlafah, maka dia harus dimufradkan dan dimudzakarkan disemua keadaannya, dan harus bersamaan dengan (مِنْ) huruf jer yang mengejerkan mufaddlal ‘alaih, seperti (خَالِدٌ أَفْضَلُ مِنْ سَعِيْدٍ), (فَاطِمَةُ أَفْضَلُ مِنْ سُعَادَ), (هَذَانِ أَفْضَلُ مِنْ هَذَا), (هَاتاَنِ أَنْفَعُ مِنْ هاَتَيْنِ), (المُجَاهِدُونَ أَفْضَلُ مِنَ الْقَاعِدِيْنَ) dan (المُتَلِّمَاتُ أَفْضَلُ مِنَ الْجَاهِلاَتِ).

Terkadang (مِنْ) dikira-kirakan, seperti (وَ الآخِرَةُ خَيْرٌ وَ أَبْقَى) yang artinya (خَيْرٌ مِنَ الْحَيَاةِ الدُّنْيَا وَ أَبْقَى مِنْهاَ). Dan penetapan (مِنْ) dan membuangnya telah terkumpul dalam firman-Nya, (أَناَ أَكْثَرُ مِنْكَ مَالاً وَ أَعَزُّ نَفَراً) yang artinya (أَعَزُّ مِنْكَ).

(مِنْ) dan lafal yang dia jerkan beserta isim tafdlil adalah menempati tempatnya mudlaf ilaih dari mudlaf, sehingga tidak diperbolehkan mendahulukan keduanya atas isim tafdlil, seperti halnya tidak diperbolehkan mendahulukan mudlaf ilaih atas mudlaf, sehingga tidak boleh diucapkan (مِنْ بَكْرٍ خاَلِدٌ اَفْضَلُ) dan (خَالِدٌ مِنْ بَكْرٍ أَفْضَلُ), kecuali jika yang dijerkan (مِنْ) adalah isim istifham atau berupa isim yang diidlafahkan kepada isim istifham, maka diwajibkan untuk mendahulukan (مِنْ) dan isim yang dijerkannya, karena isim istifham haknya adalah menjadi permulaan kalam, seperti (مِمَّنْ أَنْتَ خَيْرٌ؟), (مِنْ أَيِّهِمْ أَنْتَ أَوْلَى بِهَذَا؟) dan (مِنْ فَرَسِ مَنْ فَرَسُكَ أَسْبَقُ؟). Dan telah datang pendahuluan pada selain istifham secara syadz, seperti perkataan syair,

إِذَا سَايَرَتْ أَسْمَاءُ يَوْماً ظَعِيْنَةٌ * فَأَسْمَاءُ مِنْ تِلْكَ الظَّعِيْنَةِ أَمْلَحُ

Yang asalnya adalah (فَأَسْماَءُ أَمْلَحُ مِنْ تِلْكَ الظَّعِيْنَةِ).

b.   Isim Tafdlil Dibarengi (ال)

Ketika isim tafdlil bebarengan dengan (ال), maka dilarang jika isim itu bertemu dengan (مِنْ) dan wajib sesuai atau mencocoki dengan lafal sebelumnya dalam hal mufrad, tatsniyyah, jama’, mudzakar dan mu’annats. Sehingga kita ucapkan (هُوَ الأَفْضَلُ), (هِيَ الفُضْلَى), (هُمَا الأَفْضَلاَنِ), (الفَاطِمَتاَنِ هُماَ الفُضْلَيَانِ), (هُمُ الأَفْضَلُوْنَ) dan (هُنَّ الفُضْلَيَاتُ). Dan telah syadz menyambungnya dengan (مِنْ) dalam syair,

وَ لَسْتَ بِالأَكْثِرِ مِنْهُمْ حَصًى * وَ إِنَّماَ العِــزَّةُ لِلْكَاثِــرِ

c.  Isim Tafdlil Diidlafahkan Kepada Isim Ma’rifat

Ketika isim tafdlil diidlafahkan kepada isim nakirah, maka diwajibkan untuk memufradkannya dan memudzakarkannya serta dilarang menyambungnya dengan (مِنْ), sehingga kita ucapkan (خَالِدٌ أَفْضَلُ قَائِدٍ), (فَاطِمَةُ أَفْضَلُ امْرَأَةٍ), (هَذَانِ أَفْضَلُ رَجُلَيْنِ), (هَاتَانِ أَفْضَلُ امْرَأَتَيْنِ), (المُجَاهِدُونَ أَفْضَلُ رِجَالٍ) dan (المُتَعَلِّمَاتُ أَفْضَلُ نِسَاءٍ).

d.        Isim Tafdlil Diidlafahkan Kepada Isim Nakirah

Ketika isim tafdlil diidlafahkan kepada isim ma’rifat, maka dilarang menyambungnya dengan (مِنْ), dan diperbolehkan pada isim tafdlil itu dua wajah, yaitu memufradkan dan memudzakarkannya seperti ketika  isim tafdlil diidlafahkan kepada isim nakirah, atau isim tafdlil mencocoki lafal sebelumnya dalam hal kemufradan, tatsniyyah, jama’, mudzakar dan mu’annats seperti ketika bebarengan dengan (ال).

Kedua penggunaan itu telah datang dalam al Qur’an. Diantara penggunaan yang tidak sesuai atau tidak mencocoki lafal sebelumnya adalah firman-Nya, (وَ لتَجِدَنَّهُمْ أَحْرَصَ النَّاسِ عَلَى حَيَاةٍ) dan tidak diucapkan (أَحْرَصِي النَّاسِ). Dan diantara penggunaan yang mencocoki adalah firman-Nya, (وَ كَذَلِكَ جَعَلْناَ فِي كُلِّ قَرْيَةٍ أَكَابِرَ مُجْرِمِيْهاَ). Kedua penggunaan itu telah berkumpul dalam hadits, (أَلاَ أُخْبِرُكُمْ بِأَحَبِّكُمْ إِلَيَّ وَ أَقْرَبِكُمْ مِنِّي مَجَالِسَ يَومَ الْقِيَامَةِ أَحَاسِنُكُمْ أَخْلاَقًا المُوَطِّؤُونَ أَكْناَفاً الَّذِيْنَ يَأْلِفُونَ وَ يُؤْلَفُوْنَ).

Kita ucapkan (عَلِيٌّ أَفْضَلُ الْقَومِ), (هَذَانِ أَفْضَلُ الْقَومِ وَ أَفْضَلاَ الْقَومِ), (هَؤُلاَءِ أَفْضَلُ الْقَومِ وَ أَفْضَلُوا الْقَومِ), (فَاطِمَةُ أَفْضَلُ النِّسَاءِ وَ فُضْلَى النِّسَاءِ), (هَاتاَنِ أَفْضَلُ النِّسَاءِ وَ فُضْلَيَا النِّسَاءِ) dan (هُنَّ أَفْضَلُ النِّسَاءِ وَ فُضْلَيَاتِ النِّسَاءِ).

(مِنْ) dikira-kirakan pada contoh-contoh di atas, dan maknanya (هَذَانِ أَفْضَلُ مِنْ جَمِيْعِ الْقَومِ), (هَذِهِ أَفْضَلُ مِنْ كُلِّ النِّسَاءِ) dan seterusnya.

No comments:

Post a Comment